/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani917.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani917.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

Rabu, 11 Januari 2017

Penemu Penyakit Hemofilia

Gambar terkaitSalah satu tokoh ilmuwan Muslimasal Andalusia yang memberikan sumbangsih nyata bagi peradaban dunia adalah Al-Zahrawi yang mencatatkan diri sebagai salah seorang dokter yang mempelopori sistem pembedahan modern di ranah kedokteran. Prestasi terbesar Al-Zahrawi adalah keberhasilannya dalam memberikan gambaran yang rinci tentang penyakit hemofilia
Hemofilia adalah salah satu penyakit unik yang berhubungan dengan pendarahan pada tubuh manusia. Penderita penyakit ini mengalami kelainan pendarahan yang bisa terjadi karena terdapat kekurangan pada salah satu faktor pembekuan darah. Ciri - ciri orang yang terjangkit hemofilia adalah jika ada bagian tubuhnya yang terluka dan mengeluarkan darah, maka darah itu akan mengalir terus - menerus dan sulit untuk berhenti. Hemofilia bisa menjadi penyakit yang mematikan karena penderitanya akan kehabisan darah yang dapat menyebabkan kematian.



Nama lengkap Al-Zahrawi adalah Abu al-Qasim Khalaf ibn Abbas Al-Zahrawi. Meskipun berdarah Arab, sosok jenius ini dilahirkan di Cordoba ( sekarang menjadi salah satu wilayah di Spanyol ), Andalusia, pada tahun 936 Masehi. Al-Zahrawi, yang hidup pada era pemerintahan Khalifah Abdur Rahman II dari Dinasti Ummayah, dikenal sebagai seorang ahli bedah yang kemampuannya sangat cemerlang. Pamor Al-Zahrawi selaku dokter yang jago ilmu bedah diakui oleh banyak kalangan. Tidak hanya oleh orang Islam sendiri, tetapi juga oleh para ilmuwan Barat yang menyebutnya dengan nama Albucais atau Albucasis. Banyak karya dan penemuan yang di rumuskan oleh Al-Zahrawi menjadi acuan dan referensi andalan yang masih digunakan hingga dewasa ini.

Al-Zahrawi adalah salah seorang hali bedah terbaik yang dimiliki Andalusia pada saat itu sekaligus guru yang sangat dihormati dan dikagumi. Ia dipercaya untuk memberikan bimbingan di banyak sekolah kedokteran yang ada di wilayah Andalusia dan sekitarnya. Kepopuleran yang diraih Al-Zahrawi ini semakin mendongkrak karirnya di bidang kedokteran dan ilmu pengetahuan pada umumnya. Selain dikenal sebagai dokter bedah yang hebat, Al-Zahrawi juga menorehkan namanya sebagai seorang ilmuwan yang telah menemukan berbagai peralatan untuk operasi bedah. Alat - alat bedah yang diciptakan oleh Al-Zahrawi itu dijadikan sebagai acuan utama untuk membuat peralatan bedah modern yang digunakan hingga sekarang.


https://sejarahtentangdunia.blogspot.co.id/2015/12/al-zahrawi-penemu-penyakit-hemofilia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar