/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani917.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani917.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

Senin, 02 Januari 2017

SISTEM TRANSPORTASI PADA MANUSIA


Transportasi merupakan suatu proses yang terjadi pada tubuh manusia, dimana darah mengedarkan zat-zat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Darah juga mengambil zat yang sudah tidak terpakai untuk dikeluarkan oleh tubuh. Transportasi pada manusia alat utamanya adalah darah. Darah beredar didalam tubuh manusia dengan dibantu oleh jantung dan juga dibantu oleh pembuluh darah. 
Penjelasan Sistem Transportasi pada Manusia:
Darah merupakan sistem transportasi pada manusia yang utama. Komponen darah terdiri dari kopusker yaitu merupakan unsur padat dari darah, terdiri dari eritrosit, lekosit, dan trombosit. Serta plasma darah yang merupakan cairan dalam darah. 
Proses normalnya darah adalah proses yang terjadi pada pembuluh darah. Jadi pembuluh arteri di dalam tubuh akan mengalirkan darah dengan bersambung pada kapiler, kapiler ini nantinya akan bertemu dengan pembuluh yang memliki ukuran kecil yang di sebut venula hingga akhirnya darah akan menuju ke pembuluh vena yang nantinya akan mengalir ke jantung lalu ke paru-paru. Perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik adalah pembuluh nadi merupakan pembuluh yang ada di dalam tubuh manusia, berguna untuk mengalirkan darah yang mengandung banyak oksigen, sedangkan perbedaan pembuluh balik, adalah pembuluh yang mengalirkan darah yang mengandung karbondioksida. Pembuluh nadi dan     pembuluh balik memilki perbedaan fungsi pada masing-masing pembuluh.



Fungsi darah antara lain sebagai sistem transportasi berbagat zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, mendirtribusikan hormon pada organ yang membutuhkan, membangun imunitas tubuh, membantu proses penyembuhan luka, mengetur suhu dan pH tubuh. Bagian-bagian darah antara lain: 

1. Sel darah merah
Sel darah merah merupakan salah satu bagian sel darah yang utama, karena perananya dalam mengikat oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh. Pada organ dewasa terdapat 4-5 juta sel setiap 1 cc darah. Sel darah merah dapat mengalami pembaharuan apabila sel telah rusak atau tidak berfungsi dengan baik, kira-kira umur sel darah merah adalah 120 hari.
2. Sel darah putih
Sel darah putih merupakan salah satu komponen darah yang berguna membantu tubuh melawan bakteri dan virus masuk dan membuat bibit penyakit di dalam tubuh. Jadi sel darah putih merupakan tameng tubuh dari serangan penyakit. Pada orang dewasa jumlah sel darah putih bisa mencapai 6-9 ribu sel setiap cc darah. Jumlah ini tergantung seberapa banyak bakteri yang berusaha masuk dan telah masuk ke dalam tubuh.
3. Keping darah 
Keping darah ini merupakan bagian darah yang fungsinya adalah membantu penyembuhan luka, jumlah keping darah pada manusia dewasa dapat mencapai 2 sapai 5 ribu sel per cc darahnya. Keping darah dapat membantu membekukan darah saat terjadi pendarahan akibat luka. Jadi saat tubuh mengalami luka, keping darah akan mengeluarkan enzim yang dapat membekukan darah yaitu trombokinase.

http://www.informasi-pendidikan.com/2015/11/sistem-transportasi-pada-manusia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar